Teori Pengertian Etika
Bisnis
Pengertian
etika, berasal dari bahasa Latin, yaitu falsafah moral yang merupakan cara
hidup yang benar dilihat dari sudut budaya, susila, dan agama. Jadi etika
adalah filsafat atau pemikiran kritis dan rasional mengenai nilai dan norma
moral yang menentukan dan terwujud dalam sikap pada perilaku hidup manusia,
baik secara pribadi maupun sebagai kelompok.
Perngertian bisnis
adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau
bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Jadi Etika Bisnis adalah suatu kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh
aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan
dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam
membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang
saham, masyarakat.
Norma
Umum :
Norma umum yaitu aturan-aturan yang berlaku secara umum dalam
kehidupan masyarakat, sebagai pedoman dan pengendali tingkah laku dalam
pergaulan.
Macam-macam norma umum :
1. Norma
Sopan Santun
:
norma yang mengatur pola perilaku dalam pergaulan sehari-hari
2.
Etika tidak sama dengan Etiket
: Etiket
hanya menyangkut perilaku yang sopan santun atau tata krama
3.
Norma Hukum :
norma yang dituntut keberlakuannya secara tegas oleh masyarakat karena dianggap
perlu dan kesejahteraan manusia dalam kehidupan bermasyarakat.
4.
Norma Moral
: aturan mengenai sikap dan perilaku manusia sebagai manusia
Teori Etika Teleologi
Berasal dari
kata Yunani, telos = tujuan, Mengukur baik buruknya suatu tindakan
berdasarkan tujuan yang mau dicapai dengan tindakan itu, atau berdasarkan
akibat yang ditimbulkan oleh tindakan itu.
Dua aliran Teleologi :
a. egoisme etis : Inti pandangan
egoisme adalah bahwa tindakan dari setiap orang pada dasarnya bertujuan
untuk mengejar pribadi dan memajukan dirinya sendiri.
b.
Utilitarianisme : berasal dari bahasa latin utilis yang berarti
“bermanfaat”. Menurut teori ini suatu perbuatan adalah baik jika membawa
manfaat, tapi manfaat itu harus menyangkut bukan saja satu dua orang
melainkan masyarakat sebagai keseluruhan.
Utilitarianisme,
dibedakan menjadi dua macam :
1. Utilitarianisme Perbuatan (Act
Utilitarianism)
2. Utilitarianisme Aturan (Rule
Utilitarianism)
Teori Etika
Deontologi
Etika
deontologi adalah sebuah istilah yang berasal dari kata Yunani ‘deon’
yang berarti kewajiban dan ‘logos’ berarti ilmu atau teori.
Mengapa perbuatan ini baik dan perbuatan itu harus ditolak sebagai keburukan,
deontologi menjawab, ‘karena perbuatan pertama menjadi kewajiban kita dan
karena perbuatan kedua dilarang’. Sejalan dengan itu, menurut etika deontologi,
suatu tindakan dinilai baik atau buruk berdasarkan apakah tindakan itu sesuai
atau tidak dengan kewajiban. Karena bagi etika deontology yang menjadi dasar
baik buruknya perbuatan adalah kewajiban. Pendekatan deontologi sudah diterima
dalam konteks agama, sekarang merupakan juga salah satu teori etika yang
terpenting.
Ada tiga prinsip yg harus dipenuhi :
1. Supaya tindakan punya nilai moral,
tindakan ini harus dijalankan berdasarkan kewajiban.
2. Nilai moral dari tindakan ini tidak
tergantung pada tercapainya tujuan dari tindakan itu melainkan tergantung pada
kemauan baik yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan itu, berarti
kalaupun tujuan tidak tercapai, tindakan itu sudah dinilai baik.
3. Sebagai konsekuensi dari kedua
prinsip ini, kewajiban adalah hal yang niscaya dari tindakan yang dilakukan
berdasarkan sikap hormat pada hukum moral universal.
Ciri-ciri bisnis
yang beretika :
1.
Tidak merugikan siapapun
2.
Tidak menyalahi aturan-aturan dan norma
yang ada
3.
Tidak melanggar hukum
4.
Tidak menjelek-jelekan saingan bisnis
5.
Mempunyai surat izin usaha
Sumber
:
http://ekaapradana.blogspot.com/2013/10/teori-etika-deontologi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar