Selasa, 21 Mei 2013

Pengaruh aspek ketahanan nasional pada kehidupan berbangsa dan bernegara


          Setiap bangsa pasti akan melakukan pembangunan demi mencapai menjaga kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka tidak heran jika menemui berbagai tantangan, hambatan, bahkan ancaman baik dari dalam negeri ataupun luar negeri dalam proses pembangunan tersebut.

            Ketahanan nasional merupakan suatu kondisi dinamik yang meliputi seluruh aspek kehidupan naional yang terintegrasi untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan, dan ancaman yang berpotensi merusak integritas dan kelangsungan hidup bangsa dan negara.

            Pengaruh aspek ketahanan nasional terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara yakni tercapainya tatanan kehidupan masyarakat yang makmur serta tercapainya hubungan yang saling mendukung dari berbagai aspek dalam kehidupan nasional, baik aspek yang bersifat dinamis (berkaitan dengan sosial seperti aspek ideologi, politik, sosial budaya, dan pertahanan & keamanan) ataupun statis (berkaitan dengan alam yakni aspek geografi, kependudukan, dan sumber daya alam). Maka ketahanan nasional yang baik akan terlihat pada aspek-aspek tersebut sudah bisa saling mendukung dalam mencapai tujuan nasional.

       Jadi dalam ketahanan nasional, mengandung arti bahwa suatu bangsa harus memiliki dan mengembangkan ketangguhan dalam arti bisa bertahan, kuat saat menderita dan mampu menanggulangi beban yang dihadapi. Contoh sederhana yaitu suatu negara yang tetap tegar dalam menghadapi bencana alam besar di negaranya, dan berusaha bangkit untuk membenahi serta menanggulangi bencana tersebut, guna menjaga kelangsungan hidup bangsanya. Jadi tidak hanya menunggu bantuan dari luar, tapi langsung bergerak cepat untuk menyelamatkan warganya.  

Sumber : Buku pokok-pokok materi pendidikan kewarganegaraan. Moesadim Malik. Ir., M.Si, Jakarta, maret 2013

1 komentar: