Senin, 13 Mei 2013

KETAHANAN NASIONAL INDONESIA



Ketahanan nasional indonesia merupakan suatu wujud yang yang dinamika, karena semua masyarakat mempunyai hak dan kewajiban dalam mempertahankan ketahanan nasional indonesia, dalam ketahanan nasional pada dasarnya harus di miliki seperti sifat keuletan, kekuatan nasional, melindungi dalam mempertahankan ketahanan nasional, dan memiliki kemampuan dalam ketahanan nasional.

Ketahanan nasional merupakan suatu bentuk ketangguhan dan kemampuan suatu bangsa untuk menjamin kesejahteraan serta kelangsungan hidupnya. Dalam perkembangan zaman, suatu bangsa pasti akan menghadapi tantangan ataupun hambatan baik dari dalam maupun luar dalam mencapai tujuannya. Maka itu tujuan nasional menjadi pokok pikiran dalam ketahanan nasional agar suatu bangsa memiliki kesiapan dalam menghadapi tantangan dan hambatan tersebut.

Suatu bangsa dapat dikatakan memiliki ketahanan nasional yang baik, dilihat dari kondisi kehidupan bangsa tersebut yakni mencakup aspek politik, ekonomi, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ketahanan nasional sudah berjalan dengan baik apabila semua aspek tersebut bisa berjalan dengan baik dan seimbang.

Dalam mewujudkan ketahanan nasional, kita tidak perlu mewajibkan diri untuk menjagadi anggota angkatan bersenjata ataupun polisi. Sebagai generasi muda kita bisa mewujudkannya dengan belajar dengan baik, menjadi mahasiswa yang taat pada aturan yang berlaku, juga yang terpenting selalu memiliki semangat perjuangan untuk menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia.  

sumber : pemikiran sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar