Rabu, 30 April 2014

POKOK BAHASAN KARANGAN ILMIAH (minggu ke-7)

BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Karangan Ilmiah merupakan kegiatan yang dilakukan oleh penulis secara berulang-ulang, dalam hal ini penulis menyampaikan informasi kepada para pembaca nya. Dalam karangan ilmiah para pembaca dapat memahami dan mengetahui maksud dan tujuan penulis dengan penjabaran yang telah di sampaikan oleh penulis. Maka dalam pemabahasan karangan ilmiah minggu ke-7 akan menjelaskan penyampaian karangan ilmiah dalam bentuk skripsi, tesis dan disertasi, karangan ilmiah populer, dan jurnal.

  1. Rumusan Masalah
·         Apa yang dimaksud dengan Skripsi, Tesis, dan Disertasi ?
·         Apa yang dimaksud Karangan Ilmiah Populer ?
·         Apa yang dimaksud Jurnal ?

  1. Tujuan
·         Mengetahui Skripsi, Tesis, dan Disertasi.
·         Mengetahui Karangan Ilmiah Populer.
·         Mengetahui Jurnal.


BAB II
PEMBAHASAN

·         Skripsi , Tesis, dan Disertasi
o   Skripsi merupakan karya tulis ilmiah berdasarkan hasil penelitian lapangan dan atau studi kepustakaan yang disusun mahasiswa sesuai dengan bidang studinya sebagai tugas akhir dalam studi formalnya di Perguruan Tinggi. Skripsi dalam dunia pendidikan berarti suatu hasil penyusunan tulisan ilmiah yang telah dibuktikan kebenarannya berdasarkan data - data yang telah dikumpulkan dan tentunya data yang dikumpulkan diolah untuk kemudian menjadi data yang valid sebagai bahan acuan buat membuktikan kebenaran suatu tulisan tersebut.

o   Tesis adalah karya ilmiah yang ditulis dalam rangka penyelesaian studi pada tingkat program S2, yang diajukan untuk dinilai oleh tim penguji guna memperoleh gelar Magister. Pembahasan dalam tesis mencoba mengungkapkan persoalan ilmiah tertentu dan memecahkannya secara analisis kritis. Tesis merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam penelitian dan pengembangan ilmu pada salah satu bidang keilmuan dalam Ilmu Pendidikan.

o   Disertasi adalah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan Program S3 ilmu pendidikan. Disertasi merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam melakukan penelitian yang berhubungan dengan penemuan baru dalam salah satu disiplin Ilmu Pendidikan.

·         Karangan Ilmiah Populer
Karangn Ilmiah Populer adalah suatu karya yang ditulis dengan menggunakan bahasa yang populer sehingga mudah dipahami oleh masyarakat dan menarik untuk dibaca.
Sedangkan menurut para ahli :
o   Menurut Liang Gee (dalam Dalman, 2012: 155) karangan ilmiah populer adalah semacam karangan ilmiah yang mencakup ciri-ciri karangan ilmiah, yaitu menyajikan fakta-fakta secara cermat, jujur, netral, dan sistematis, sedangkan pemaparannya jelas, ringkas, dan tepat.
o   Menurut Wardani  (2007:17) karya ilmiah populer adalah karya ilmiah yang disajikan dengan gaya bahasa yang populer atau santai sehingga mudah dipahami oleh masyarakat dan menarik untuk dibaca.

·         Jurnal
Jurnal merupakan salah satu jenis jurnal akademik di mana penulis mempublikasikan artikel ilmiah. Untuk memastikan kualitas ilmiah pada artikel yang diterbitkan, suatu artikel biasa diteliti oleh rekan-rekan sejawatnya dan direvisi oleh penulis, hal ini dikenal sebagai peer review (penelaahan sejawat).


BAB III
PENUTUP

Dalam karangan ilmiah banyak penulis yang menyampaikan karangan tersebut ke dalam bentuk skripsi, tesis, disertasi, karangan ilmiah populer, dan jurnal. Sehingga penulis dapat menuangkan hasil karangan ilmiah tersebut ke dalam bentuk penelitian yang hasilnya, dapat digunakan sebagai informasi bagi para pembacanya yang akan membuat suatu metode ilmiah.

Sumber :

Pertanyaan dan Jawaban :
1.      karangan ilmiah populer adalah semacam karangan ilmiah yang mencakup ciri-ciri karangan ilmiah, yaitu menyajikan fakta-fakta secara cermat, jujur, netral, dan sistematis, sedangkan pemaparannya jelas, ringkas, dan tepat. Menurut pendapat dari ?
a.       Liang gee*
b.      Wardani
c.       Wardoyo
d.      Jawaban b dan c benar

2.      karya tulis ilmiah berdasarkan hasil penelitian lapangan dan atau studi kepustakaan yang disusun mahasiswa sesuai dengan bidang studinya sebagai tugas akhir dalam studi formalnya di Perguruan Tinggi adalah pengertian dari ?
a.       Tesis
b.      Skripsi*
c.       Jurnal
d.      PI

3.      karya ilmiah yang ditulis dalam rangka penyelesaian studi pada tingkat program S2, yang diajukan untuk dinilai oleh tim penguji guna memperoleh gelar Magister pengertian dari ?
a.       Tesis*
b.      Skripsi
c.       Jurnal
d.      PI

4.      suatu karya yang ditulis dengan menggunakan bahasa yang populer sehingga mudah dipahami oleh masyarakat dan menarik untuk dibaca, pengertian dari ?
a.       Tesis
b.      Skripsi
c.       Jurnal
d.      Karangan Ilmiah Populer*

5.      Pengertian Disertasi adalah ?
a.       karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan Program S3 ilmu pendidikan*
b.      karya tulis ilmiah berdasarkan hasil penelitian lapangan dan atau studi kepustakaan yang disusun mahasiswa sesuai dengan bidang studinya sebagai tugas akhir dalam studi formalnya di Perguruan Tinggi
c.       karya ilmiah yang ditulis dalam rangka penyelesaian studi pada tingkat program S2, yang diajukan untuk dinilai oleh tim penguji guna memperoleh gelar Magister.
d.      suatu karya yang ditulis dengan menggunakan bahasa yang populer sehingga mudah dipahami oleh masyarakat dan menarik untuk dibaca

Jawaban :
1.      a
2.      b
3.      a
4.      d

5.      a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar