Rabu, 30 April 2014

POKOK BAHASAN KARANGAN ILMIAH (minggu ke 6)

BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
Karangan Ilmiah merupakan kegiatan yang dilakukan oleh penulis secara berulang-ulang, dalam hal ini penulis menyampaikan informasi kepada para pembaca nya. Dalam karangan ilmiah para pembaca dapat memahami dan mengetahui maksud dan tujuan penulis dengan penjabaran yang telah di sampaikan oleh penulis.
Maka di dalam karangan ilmiah para penulis sebelum melakukan karya tulisan harus mempertimbangkan berapa aspek yang harus di ketahui setiap penulis, yaitu timbangan buku, ringkasan dan timbangan pustaka. Dari ketiga hal tersebut akan mempermudah penulis untuk mengembangkan karya tulisnnya ke dalam karangan ilmiah.

Rumusan Masalah
·         Apa yang dimaksud timbangan buku ?
·         Apa yang dimaksud Ringkasan ?
·         Apa yang dimaksud Timbangan Pustaka ?

  1. Tujuan
·         Mengetahui Timbangan buku.
·         Mengetahui Ringkasan.
·         Mengetahui Timbangan Pustaka.

BAB II
PEMBAHASAN

·         Timbangan Buku
Timbangan buku, suatu hasil karya atau wawasan tentang baik dan kurang baiknya kualitas suatu tulisan yang terdapat dalam suatu karya. Resensi dapat pula diartikan sebagai suatu tulisan yang memberikan penilaian terhadap suatu karya baik fiksi maupun nonfiksi dengan cara mengungkapkansegi keunggulan dan kelemahannya secara objektif.

·         Ringkasan
§  Ringkasan adalah penyajian karangan atau peristiwa yang panjang dalam bentuk yang singkat dan efektif. Ringkasan bagian dari sari karangan tanpa hiasan. Ringkasan itu dapat merupakan ringkasan sebuah buku, bab, ataupun artikel.

§  Fungsi ringkasan adalah memahami atau mengetahui sebuah buku atau karangan. Dengan membuat ringkasan, kita mempelajari cara seseorang menyusun pikirannya dalam gagasan-gagasan yang diatur dari gagasan yang besar menuju gagasan penunjang, melalui ringkasan kita dapat menangkap pokok pikiran dan tujuan penulis.

§  Ciri-ciri ringkasan:
1.      Inti tidak meninggalkan urutan dasar karangan.
2.      Kerangka dasar masih tampak jelas
3.      Memangkas gagasan utama menjadi lebih ringkas
4.      Tujuannya untuk  memangkas gagasan.

·         Timbangan Pustaka
Pustaka adalah halaman terakhir yang di buat untuk mengetahui data-data yang di ambil dari sumber-sumber yang ada dalam buku, majalah, komik, maupun dari internet. supaya pembaca dapat mengetahui dasar dari pembuatan buku ini supaya tidak di bilang copy paste/menjiplak karya orang lain.karena setiap mengambil data tidak mencantumkan sumber/penerpit/nama orang pengarang akan di kenakan pidana dalam pasal yang ada di indonesia.


BAB III
PENUTUP

Maka, karangan ilmiah untuk memulai penulisan harus mengetahui :
Timbangan buku, suatu hasil karya atau wawasan tentang baik dan kurang baiknya kualitas suatu tulisan yang terdapat dalam suatu karya,
Ringkasan adalah penyajian karangan atau peristiwa yang panjang dalam bentuk yang singkat dan efektif,
Timbangan pustaka adalah halaman terakhir yang di buat untuk mengetahui data-data yang di ambil dari sumber-sumber yang ada dalam buku, majalah, komik, maupun dari internet.

 Sumber :

Pertanyaan dan Jawaban :
1.      penyajian karangan atau peristiwa yang panjang dalam bentuk yang singkat dan efektif adalah pengertian dari ?
a.       Ringkasan*
b.      Timbangan Buku
c.       Timbangan Pustaka
d.      Jawaban a dan b benar

2.      Fungsi Ringkasan adalah ?
a.       suatu hasil karya atau wawasan tentang baik dan kurang baiknya kualitas suatu tulisan yang terdapat dalam suatu karya
b.      memahami atau mengetahui sebuah buku atau karangan*
c.       jawaban a dan b benar
d.      jawaban a dan b salah

3.      halaman terakhir yang di buat untuk mengetahui data-data yang di ambil dari sumber-sumber yang ada dalam buku, majalah, komik, maupun dari internet merupakan pengertian dari ?
a.       Timbangan Pustaka*
b.      Timbangan Buku
c.       Ringkasan
d.      Fungsi Ringkasan

4.      Timbangan Buku adalah ?
a.       hasil karya atau wawasan tentang baik dan kurang baiknya kualitas suatu tulisan yang terdapat dalam suatu karya*
b.      halaman terakhir yang di buat untuk mengetahui data-data yang di ambil dari sumber-sumber yang ada dalam buku, majalah, komik, maupun dari internet
c.       penyajian karangan atau peristiwa yang panjang dalam bentuk yang singkat dan efektif
d.      tidak ada jawaban yang benar

5.      Timbangan buku, ringkasan dan timbangan pustaka merupakan bagian pokok bahasan ?
a.       Karangan Ilmiah*
b.      Metode Ilmiah
c.       Penulisan Laporan Ilmiah

d.      Jawaban a, b, dan c benar.

Jawaban :
1.      A
2.      B
3.      A
4.      A
5.      A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar