Analisis
pasar & perilaku konsumen terhadap Produk “ Indomie “
BAB I
Pendahuluan
A. Latar
Belakang
Perubahan
gaya hidup acap mempengaruhi pola konsumsi masyarakat . salah satu dari
perubahan itu adalah digemarinya mie instan sebagai makanan substitusi nasi .
Bahkan kian hari produk ini kian menjadi makanan pilihan konsumen, karena
selain praktis dan harganya terjangkau, mie instan juga cukup mengenyangkan
perut .
PT.Indofood Sukse Makmur menjadikan mutu dan kepuasan pelanggan sebagai basis bagi perencanaan yang dilakukan oleh perusahaan . Oleh karena itu keinginan dan kebutuhan konsumen harus diperhatikan oleh produsen karena kebutuhan akan senantiasa berubah . Perkembangan produk mie instan makanan pokok, menyebabkan tingkat persaingan pada industry mie instan ini semakin tinggi .
BabII
Pembahasan
Pembahasan
Analisis
pasar & perilaku konsumen terhadap Produk “ Indomie “
Karakteristik
Pembeli
Budaya atau Kultur : Jika menilik pada
kultur budaya di Indonesia saat ini yaitu, masyarakat yang dinamis,gengsi yang
besar,kebutuhan hidup yang selalu meningkat dengan ditandainya daya beli
masyarakat yang tinggi terhadap produk-produk yang diunggulkan .
Sosial : Pada kelas ini masyarakat dengan status sosial menengah ke atas merupakan target pasar yang diminati para produsen , karena pada kelas menengah ke atas,produsen paham betul kebutuhan yang diinginkan ,disamping itu daya beli yang tinggi sehingga menjadikan indomie sebagai produk yang lebih elegan mempunyai harga yang sedikit lebih mahal . Yang paling terlihat menjadi pembeda pada kelas ini adalah pendapatan, pendidikan & tempat tinggal .
Sosial : Pada kelas ini masyarakat dengan status sosial menengah ke atas merupakan target pasar yang diminati para produsen , karena pada kelas menengah ke atas,produsen paham betul kebutuhan yang diinginkan ,disamping itu daya beli yang tinggi sehingga menjadikan indomie sebagai produk yang lebih elegan mempunyai harga yang sedikit lebih mahal . Yang paling terlihat menjadi pembeda pada kelas ini adalah pendapatan, pendidikan & tempat tinggal .
Personel : Faktor ini mencakup hal yang bersifat subyektif, karena personal satu dengan yang berbeda, mencakup pola gaya hidup, pekerjaan & usia .
a.)
Gaya hidup : Perubahan gaya
hidup turut mempengaruhi pola konsumsi masyarakat. Salah satu dari perubahan
itu adalah digemarinya mie instan sebagai makanan substitusi nasi .
b.)
Pekerjaan : Mudah diperoleh
oleh siapa saja dengan tingkat pendapatan serta pekerjaan seseorang .
c.)
Usia : Indomie dapat
diterima di lidah berbagai kalangan konsumen.
Kategori orang dalam proses pembelian
A.)
Iniatiator : orang yang
pertama menyarankan untuk melakukan pembelian . Pada bagian ini marketing
sangat berperan banyak .
B.)
Influencer : orang yang
member pandangan atau advise yang mempengaruhi . Pada tahapan ini marketing
masih memberikan pengaruhnya, memberikan edukasi terhadap calon konsumen
terhadap produk yang ditawarkan . Namun pada tahapan ini tidak hanya marketing
saja yang memberikan edukasi, seorang ahli dalam bidang tertentujuga berperan
dalam tahapan ini .
C.)
Decider : Orang yang
memutuskan
D.)
Buyer : Orang yang melakukan
pembelian
E.)
User : Orang yang memakai
produk yang dibeli
Dalam alur
proses diatas dapat dirancang strategi pemasaran pada produk-produk Indomie ,
indomie sendiri dari tahun ke tahun selalu mengeluarkan produk-produk baru
dengan inovasi . Inovasi produk mie instan indomie memiliki jenis-jenis indomie
dengan berbagai variasi cita rasa .
Bab III
Penutup
Penutup
Kesimpulan
Setiap tahunnya PT Indofood Sukses Makmur TBK harus mengendalikan
biaya promosi agar biaya promosi yang dikeluarkan untuk promosi produk tidak
mengeluarkan biaya yang terlalu banyak yang menjadi pemborosan perusahaan dan
supaya tingkat penjualan tidak menurun .
Saran
PT Indofood Sukses Makmur Tbk,Indomie harus meningkatkan kewaspadaan
kepada produksi mie lain dengan melakukan promosi yang sangat agresif, harus
melakukan gebrakan yang sangat luar biasa, harganya dibawah dari produk lain,
ditambah keunggulan-keunggulan lain, menentukan kualitas produk , memiliki
kemampuan untuk mengindentifikasi mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen
yang heterogen, sehingga dapat mengetahui dengan jelas kebutuhan dan keinginan
konsumen tersebut sesuai dengan karakteristik dari masing-masing atau tidak .
Melakukan riset pemasaran yang dilakukan terhadap konsumen , sehingga dapat
diketahui kebutuhan dan keinginan konsumen akan suatu produk mie .
Referensi :
- PT.Indofood Sukses Makmur, Tbk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar